Minggu, 21 Februari 2016

TIPS MEMASAK DENGAN BENAR

HAII JUMPA LAGI DENGAN SAYA JONATHAN FERDINAND COOLZ, SEKARANG SAYA AKAN MEMBERIKAN TIPS MEMASAK DENGAN BENAR






Banyak bahan pangan yang seharusnya kaya akan nutrisi akan tetapi jika dimasak dengan cara yang salah kandungan nutrisinya akan rusak bahkan hilang sehingga bisa berubah menjadi makanan yang tidak sehat.
Sesungguhnya banyak sekali cara untuk mengolah makanan yang mudah dan lezat serta tetap sehat untuk badan kita. Walaupun sekarang ini sudah banyak iklan Home Shopping Indonesia yang mempromosikan berbagai produk makanan yang terlihat sehat sehingga kita ingin membelinya. Walaupun produk yang kita beli itu belum tentu mengandung gizi yang diperlukan oleh tubuh kita.
Dari sinilah peran kita sebagi konsumen khusunya para ibu-ibu, agar dapat lebih bijak dalam membeli produk makanan yang sehat untuk dikonsumsi oleh keluarga. Beberapa hal yang harus kita ketahui dalam memilih produk makanan yang akan kita beli antara lain :
- Cek kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalamnya.
- Lihat juga komposisi dari bahan yang terkandung di dalam produknya, apakah baik untuk kita dan keluarga (seperti bahan yang pantang untuk kita konsumsi yang dapat menyebabkan alergi)
- Selalu cek tanggal kadaluarsa dari produknya
- Lihat nama produsen pembuat produk serta alamat pembuatnya.
- Terakhir harus dilihat apakah produknya memiliki Izin dari Depkes (BPOM)
Berikut ini kami akan menjelaskan cara memasak yang benar untuk kesehatan :
1. Broiling dan Grilling.image
Memasak bahan makanan dengan proses menggunakan panas api yang sangat tinggi secara langsung disebut dengan Grilling. Tempatkan makanan pada rak Grill tepat diatas sumber api jika kita ingin Grill di tempat yang outdoor.
Gunakan selalu keranjang panggang atau alumuniom foil khusus untuk makanan yang berukuran kecil seperti sayuran cincang, hal ini dilakukan untuk mencegah potongan sayur agar tidak berantakan kelaur melalui ruas-ruas rak yang ada di tempat Grill.
Taruh makanan pada tempat broil tepat di bawah sumber panas jika kita ingin memasak dengan metode Broil, yang harus kita ingat dalam menggunakan kedua metode memasak ini adalah pada saat memanggang lemak yang ada di dalam makanan akan menetes keluar sehingga kita harus sedikit berhati-hati dalam memasaknya.
2. Braising.image
Proses memasak dengan cara Braising secara umum didahului dengan merendam makanan terlebih dahulu ke dalam bumbu yang telah dipersiapkan, lalu menambahkan sedikit air, kemudian dilanjutkan dengan memasak makanan dalam keadaan tertutup dengan api yang kecil.
3. Steaming / Mengukus.image
Proses memasak bahan makanan dengan cara menggunakan uap air yang mendidih lebih dikenal dengan sebutan Steaming atau Mengukus. Walaupun dalam proses ini bahan makanan tidak bersentuhan secara langsung dengan air yang sedang mendidih, proses ini termasuk teknik memasak yang basah.
Karena proses ini menggunakan uap air untuk mematangkan bahan makanan dan seperti yang kita ketahui uap air adalah kumpulan air yang menguap. Jika memakai tekhnik ini, gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam makanan bisa tetap terjaga dikarenakan bahan makanan tidak bersentuhan secara langsung dengan air.
4. Poaching.image
Didihkan dahulu air dengan bumbu lalu nyalakan api yang kecil di dalam air atau cairan yang memiliki aroma seperti kaldu, jus atau cuka, lalu rebuslah makanan ke dalam air tersebut sampai makanannya empuk dan matang.
Melalui cara ini kita dapat mempertahankan bentuk makanan saat proses memasak. Agar jumlah cairan dapat dipertahankan saat proses memasak, pilihlah panic yang tertutup dan sesuai dengan bentuk dan ukuran makanan yang dimasak.
5. Gunakan Bumbu dan Rempah-rempah Alami.image
Jika kita menggunakan rempah-rempah atau bumbu saat membuat makanan, yang tujuannya untuk menambah aroma, rasa dan warna pada masakan yang kita buat tanpa perlu untuk menambahkan minyak, kaldu atau garam.
Pilihlah bumbu atau rempah-rempah yang segar dan tidak layu, lalu kita tambahkan pada saat proses memasak. Gunakan rempah-rempah atau bumbu yang kering pada awal memulai memasak, lalu ketika ingin mengganti rempah kering dengan yang segar, gunakanlah sebanyak sepertiga dari jumlah rempah kering tersebut.
6. Baking / Memanggangimage
Kita bisa untuk memanggang bahan makanan ayam, sayuran, buah-buahan, daging dan makanan laut. Agar bisa memanggang, caranya adalah dengan menaruh makanan ke atas piring atau kedalam wadah tertutup seperti panci lalu dimasukkan ke dalam oven. Kita dapat memasaknya walaupun dalam keadaan tertutup, karena proses memanggang tidak perlu ditambahkan lemak atau minyak ke dalam makanan.
7. Roasting.image
Proses memasak dengan Roasting kurang lebih sama dengan Baking, akan tetapi perbedaannya adalah dengan Roasting adalah dengan menggunakan suhu yang lebih tinggi dan lama. Tujuan dasar dari Roasting ini adalah untuk membuat bahan makanan menjadi lebih matang dan kering dengan memakai oven.
Dalam memanggang dengan cara ini, proses berapa lama waktu yang dibutuhkan tergantung dari besar kecilnya bahan makanan pada saat memanggang dan terkadang kita perlu untuk memoles makanan yang dipanggang yang tujuannya untuk menjaga makanan agar tidak kering.
8. Stir-Frying /Menumis.image
Stir Frying adalah salah satu metode memasak yang tradisional dari Asia, caranya adalah memasak dengan cepat pada bahan makanan yang kecil atau tipis.Kita dapat memasaknya tanpa menggunakan lemak atau minyak jika menggunakan peralatan memasak yang anti lengket.
Karena metode ini hanya menggunakan sedikit minyak jadi secara tidak langsung aman dan sehat untuk kesehatan kita, hasilnya pun akan lebih maksimal jika kita menggunakan minyak lemak tak jenuh seperti minyak canola. Jika kita mengikuti resep tertentu, gunakanlah cooking spray, air atau kaldu rendah sodium untuk pengganti minyak agar kualitas rasa dan nutrisi pada makanan dapat tetap terjaga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar